Subscribe Us

Header Ads

Tutorial Teknik Foto Produk

Teknik Fotografi Produk

Fotografi produk melibatkan pemotretan satu produk menggunakan sendirinya dengan latar belakang polos buat menghilangkan gangguan dan memfokuskan perhatian pemirsa pada produk tadi. Meskipun mempraktikkan fotografi produk bisa menyenangkan, ini sangat penting jika Anda ingin menjual barang pada marketplace atau melalui situs web Anda sendiri. Gambar produk yg mengagumkan dapat membuat daftar Anda lebih efektif & menaikkan penjualan Anda.

Untuk menyiapkan area buat fotografi produk, Anda dapat menggunakan meja yang didorong ke dinding. Gunakan selembar kartu putih akbar & pasang satu ujung ke dinding dan satu ujung ke meja. Berhati-hatilah buat memastikan kartu memiliki lengkungan yg melengkung dari dinding (vertikal) ke meja (horizontal) karena Anda ingin menghindari lipatan pada kartu. Ini akan membuat latar belakang putih mulus buat fotografi produk Anda.

Source : Jasa Foto Produk Bandung


Selanjutnya, siapkan beberapa lampu atau flash buat menerangi produk Anda & latar belakang. Pengaturan dua cahaya bisa membuat foto yang jauh lebih baik daripada mengandalkan cahaya alami. Kemampuan buat mengontrol kekuatan, bentuk, ukuran, & posisi pencahayaan memberi Anda kontrol yg jauh lebih besar  terhadap tampilan foto.

Lampu panas yang selalu menyala, lampu berkecepatan mini  , dan strobo flash berukuran penuh semuanya akan bekerja menggunakan baik buat penjelasan, selama Anda mempunyai cara buat mengontrol keluaran dayanya. Gunakan dudukan lampu buat menunda lampu pada tempatnya, ini akan menjaga pencahayaan permanen konsisten di antara pemotretan. Pencahayaan Anda perlu beredar, bila tidak, Anda akan menerima bayangan tajam yang mengalihkan perhatian dari produk.

Untuk meredakan pencahayaan, terdapat poly aksesori yg tersedia. Beberapa teknik difusi yg umum menggunakan softbox, reflektor, bidikan melalui payung, atau payung reflektif. Ini melekat pada lampu Anda atau dudukan lampu. Menyebarkan cahaya akan membantu menonjolkan tekstur dan detail pada produk tanpa mengakibatkan bayangan tajam & sorotan terpotong.

Apabila menggunakan unit lampu kilat buat penerangan (bukan lampu panas yang selalu menyala), Anda memerlukan beberapa cara buat memicu lampu kilat. Anda dapat menggunakan kabel sinkronisasi flash yang menghubungkan unit flash ke kamera, atau unit pemicu radio. Beberapa speedlight juga bisa dipicu oleh frekuwensi infra-merah dari flash pop-up kamera Anda.

Posisikan produk Anda pada latar belakang, dan siapkan kamera Anda pada tripod. Untuk fotografi produk, panjang penekanan 35mm - 100mm akan berfungsi dengan baik, memberi Anda jeda kerja yang masuk akal antara kamera & produk. Lakukan beberapa bidikan percobaan, sesuaikan kecerahan lampu Anda seperlunya, & posisikan lampu buat memberikan pencahayaan yg menyenangkan. Dua lampu yang mengarah ke produk 45 ° ke keliru satu sisi berdasarkan depan bekerja dengan baik pada banyak masalah.

Apabila Anda menginginkan refleksi di bawah produk Anda, letakkan produk di atas selembar plastik perspex. Potret ke bawah dalam sedikit sudut untuk menyertakan pantulan dari perspektif dalam gambar.

Source : Roud Studio


Ambil banyak sekali bidikan produk Anda, dalam sudut tidak sinkron, dan beberapa bidikan detail. Setelah Anda mengatur pencahayaan menggunakan benar, merogoh foto tambahan seharusnya hanya berupa perkara mengubah posisi produk, & mungkin sedikit menyesuaikan posisi kamera Anda.

Bergantung pada ukuran produk Anda, lensa makro mungkin diperlukan buat merogoh gambar lebih jelasnya. Lensa makro dirancang khusus agar bisa fokus pada jarak dekat, dan mempertahankan ketajamannya, pada mana menggunakan lensa lain kualitas gambar dapat menurun pada jeda pendek.

Baca Juga : Kaos Custom

Meskipun mungkin membutuhkan sedikit biaya  buat membeli dudukan lampu, speedlight atau strobe, & diffuser, ini bisa membuat perbedaan besar  dalam foto produk Anda. Dan bila Anda merupakan usaha, foto produk yg cantik bisa membuat perbedaan besar  pada penjualan Anda. Jika Anda seseorang fotografer pemula, ingatlah bahwa aksesori ini juga berguna buat jenis fotografi lain, misalnya fotografi potret wajah, dan kemungkinan besar  akan menjadi investasi yg baik buat menaikkan fotografi Anda.

Fotografi produk dapat menggunakan mudah dilakukan pada tempat tinggal   atau di kantor, & Anda tidak memerlukan banyak peralatan yg mahal (meski beberapa perlengkapan dasar seperti lampu akan memudahkannya). Untuk saran lebih lanjut tentang fotografi produk, lihat tips fotografi produk. Selain memotret produk buat dipakai pada situs web atau eBay, memotret pembelian terakhir Anda hanya buat dipamerkan pada teman di Facebook atau Flickr bisa jadi menyenangkan. Dan jika Anda mengikuti tips fotografi produk ini, sahabat Anda akan kagum dalam foto Anda.

Posting Komentar

0 Komentar